Batman Begins - Help Select

Khutbah jum’at



Amalan untuk meningkatkan ketakwaan

الحمد لله الذي يحب الطائعين ويكافئ المخلصين ويضاعف أجر المحسنين. أشهد أن لاإله إلا الله القوي المتين.  وأشهد أن محمدارسول الله المبعوث رحمة للعالمين . اللهم صلى وسلم على محمد وعلى آله وأصحابه إلي يوم الدين . أما بعد فيا عباد الله اتقوا الله حق تقاته لعلكم تفلحون  أعوذ بالله من الشيطان الرجيم , يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون .

Wahai saudaraku,  marilah kita melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi larangannya. Baik pada hati maupun anggota tubuh, lahir maupun batin secara menyeluruh. Dengan cara menunaikan segala yang wajib dan yang sunat, serta meninggalkan yang haram dan makruh. Sungguh beruntung mereka yang melaksanakan hal tersebut yang akan memperoleh kebaikan dunia dan akhirat, serta merugilah orang-orang yang meninggalkannya.
Saya menyampaikan wasiat ini terutama untuk diri saya sendiri, saudara-saudara, para sahabat, dan semua handai taulan saya sesama muslim, agar senantiasa bertakwa kepada Allah, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, ditengah-tengah orang banyak maupun sendirian. Di samping itu, mari kita berusaha untuk menghindari seluruh keburukan baik yang tampak atau pun tidak. Kita tuntut ilmu mengenai persoalan agama yang kita anggap penting dan mendesak. Kita  kondisikan hati kita agar selalu bersyukur kepada Allah, karena orang yang menganggap enteng persoalan agama : maka dia akan berteriak : “Celakalah aku”. Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).
فسوف يدعوا ثبورا . ويصلى سعيرا ( الانشقاق:11-12)

Hati-hatilah, jangan menganggap sepele atau megambil keringanan, atau menafsirkan nash dengan penafsiran sendiri, karena semua itu hanya akan membuat kita merugi dan tidak selamat kelak dihari kiamat.

Saudaraku jamaah sholat jum’at yang dimuliakan Allah,  pada kesempatan yang baik ini mari kita bermuhasabah diri kita masing-masing, kita bertanya kepada diri kita sudah seberapa besar porsi waktu yang kita sediakan untuk berzikir mengingat Allah ?, sudah terbiasakah kita membasahi lidah kita ini dengan bezikrullah ? , sudah seberapa sibukah hati kita dengan bersyukur kepada Allah ?, sudah kuatkah kita menahan segala pederitaan yang Allah berikan kepada kita ?.  
 Adalah wajib bagi kita untuk memperbanyak zikir dengan hati dan lisan, kapan dan dimanapun kita berada disertai dengan ketekunan. Sebagaimana firman Allah :
واذكرربك كثيرا بالعشي والإبكار (ال عمران 41)
“Dan sebutlah (nama)Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah pada waktu petang dan  pagi hari.” (Ali Imran:41)
واذكر اسم ربك وتبتل إليه تبتيلا (المزمل: 8)
“Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan  penuh ketekunan.” (Al Muzzamil:8)
Allah berfirman pula dalam sebuah hadits qudsi : “Tercelalah orang yang melupakan zikir kepada Allah. Dan barangsiapa melalaikan berzikir kepada Yang Rahman, niscaya Kami kerahkan setan-setan yang akan menjadi teman baginya.”,

Berzikir kepada Allah, Yang Maha Memberi Nikmat sangatlah penting. Karena kita sebagai hamba, hendaknya selalu mengingat-Nya, jangan sampai melalaikan-Nya.

Saudaraku sidang sholat jum’at yang berbahagia.
Zikir adalah benteng paling tangguh dalam menghadapi kejahatan dan dosa, ia merupakan titik tolak para penempuh tasawuf dan tujuan akhir para ahli ma’rifat. Tidak ada jalan masuk menuju Allah kecuali zikir, dan tidak ada jalur yang bisa menghantarkan pada tujuan kecuali harus melaluinya 
Zikir adalah pembersih hati, disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulallah s.a.w bersabda bahwa setiap sesuatu ada pembersihnya (misalnya pakaian dibersihkan dengan sabun, besi dibersihkan dengan api, dan sebagainya), hati dapat dibersihkan dengan zikrullah. Selain zikrullah, tidak ada hal yang lebih utama dalam menyelamatkan manusia dari adzab.  Hati yang bersih dapat kita rasakan dengan selalu bertawajjuh kepada Allah. Keadaan zikir seperti inilah yang  paling utama dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya. Dengan demikian, apabila  kita telah mencapai keadaan seperti ini,  maka kita tidak akan meninggalkan ibadah. Karena jasmani dan  ruhani kita akan mengikuti hati yang berzikir. Apabila hati sudah mantap berzikrullah dan seluruh anggota badan akan mengikutinya dalam keadaan yang sangat asyik, maka siapakah yang akan mengetahuinya ?. 
            Seorang bertanya kepada Salman Al-Farisi r.a. : “Amalan apakah yang paling utama?”, Jawabnya: “Apakah kamu tidak membaca Al Qur’an ? Didalam Al Qur’an disebutkan,  ‘tidak ada perkara yang melebihi keutamaan berzikir kepada Allah’, kemudian Salman mengutip ayat suci Al Qur’an :
ولذكر الله أكبر والله يعلم ما تصنعون (العنكبوت:45)
Zikrullah dinyatakan lebih baik daripada amal ibadah lainnya; karena zikrullah merupakan tujuan, sedangkan ibadah lainnya sebagai sebab dan alat saja. Dzikir dapat kita lakukan dengan lisan dan hati,  dzikir hati lebih utama daripada zikir lisan, yaitu zikir yang disertai dengan muqorobah dan pemikiran hati. 
            Didalam hadits disebutkan bahwa terdapat empat perkara, apabila seseorang mendapatkannya maka ia telah mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat, yaitu:
1.  Seseorang yang selalu membasahi lidahnya dengan berzikir.
2.  Hati yang selalu sibuk dengan bersyukur.
3.  Tubuh yang senantiasa menahan segala penderitaan.
4.  Seorang istri yang menjaga kehormatannya dan dapat menjaga harta suaminya (tidak berkhianat), maksudnya : menjauhkan diri dari semua keburukan dan membasahi lidah dengan berzikir. (HR. Ibnu Abi Dunya, Al Bazzar, Ibnu Hibban, Thabrani, Baihaqi).
Hadits  diatas menggambarkan bila  seseorang mencintai sesuatu maka dengan sering menyebut namanya, ia akan merasakan perasaan manis dan lezat didalam mulutnya. Demikian juga dengan berzikir, untuk dapat merasakan manisnya dan lezatnya berzikir, yang sangat penting adalah hendaknya selalu menyembut dan mengingat asma Allah sehingga kelezatan berzikir dapat dirasakan. Kita akan dapat merasakan hal ini, apabila hati kita benar-benar bersih dan lidah pun selalu taat untuk mengucapkannya.
            Diriwayatkan dalam sebuah hadits yang lain bahwa tanda-tanda cinta kepada Allah adalah cinta berzikir mengingat Allah  dan tanda-tanda benci kepada Allah adalah benci bezikir mengingat Allah.   

Wahai saudaraku sidang sholat jum’at yang dimuliakan Allah.
Ketahuilah, keutamaan berzikir berlaku dalam kondisi apa saja. zikrullah dapat dikerjakan pada setiap saat dan keadaan.   Lain halnya dengan keistimewaan amalan lainnya, yang disesuaikan dengan  kepentingan dan waktunya masing-masing.
Dalam sebuah riwayat diceritakan, pada suatu ketika, Rasulallah s.a.w telah kembali dari suatu perjalanan. Ketika sampai disuatu tempat, beliau bersabda, “Dimanakah orang-orang yang selalu maju ?” Salah seorang sahabat berkata, “Orang-orang yang maju sudah berada di depan,” Rasulallah s.a.w bersabda, “Orang yang selalu maju yaitu orang yang selalu menyibukan dirinya dengan zikir mengingat Allah. Barangsiapa menginginkan kepuasan di surga hendaknya selalu memperbanyak zikir mengingat Allah.”

Saudaraku sidang sholat jum’at yang dimuliakan Allah
Adalah baik sekali bagi kita untuk selalu melaksanakan dan memperhatikan zikir-zikir pagi dan sore hari, saat akan tidur, ketika bangun, sesudah sholat, keluar dan masuk rumah, serta dalam aktivitas kita lainnya.
Dengan begitu, setiap tarikan nafas yang kita hembuskan akan berubah menjadi permata yang tak ternilai harganya,  karena kita gunakan untuk mengingat Allah dan untuk hal-hal yang bisa mendekatkan diri kita kepada-Nya. Akan tetapi ia sekaligus bisa menjadi penyesalan tanpa akhir manakala kita gunakan untuk hal-hal yang selain itu.
Mengingat hati suka lalai dan membeku, maka hendaknya usaha mengingatkannya dilakukan tanpa henti.  Pada saat yang sama, kita  hendaknya melakukan semua itu dengan memaksa diri yang membuat Allah akan kagum kepada kita.  Kalau sudah demikian yang terjadi, dengan kehendak Allah, lisan kita otomatis menerjemahkan kenikmatan hati tanpa direkayasa atau dipaksa.
Maka, marilah kita jadikan zikir sebagai tradisi yang mendarah daging bagi kita, terlebih lagi istighfar dan sholawat kepada Nabi pilihan (Muhammad s.a.w). Karena pada saat kita berzikir, pada saat itu pula kita sedang berkomunikasi dengan  Allah, Tuhan yang menciptakan kita dan  alam dengan segala isinya, misalnya saja pada saat kita sedang bertasbih, maknanya kita sedang berharap: Ya Allah, sucikanlah aku dari segala dosa yang kusembunyikan selama ini. Saat kita bertahmid berarti kita sedang mengungkapkan rasa syukur: Terima kasih ya Allah, Engkau telah beri hidangan hidayah terlezat untukku. Saat kita bertahlil, berarti kita sedang memurnikan keyakinan kita kepada Allah : ya Allah kukuhkan tauhidku pada-Mu. Saat kita bertakbir, berarti kita sedang memproklamirkan kecilnya dan lemahnya diri kita dihadapan Allah : ya Allah kecilkan segala  hawa nafsu dunia, dan tipu daya setan
Akhirnya, zikir seperti inilah yang akan menjadi zikir amal. Zikir yang nyata hasilnya, bukan lagi sekedar omongan atau ritual belaka: bicaranya dakwah, diamnya zikir, napasnya tasbih, matanya rahmat, telinganya terjaga, tangan dan kakinya jihad, kerinduannya syariat Allah.
 Untuk selanjutnya mari kita perbanyak berzikir dan berdo’a dengan penuh khusyuk, meratap penuh harap, serta meminta kebaikan yang mencakup dua aspek kehidupan dunia dan akhirat. Untuk diri kita sendiri, keluarga kita, saudara kita, serta kaum mukminin secara keseluruhan.
بارك الله لى ولكم فى القرآن العظيم ونفعنى وإياكم بما فيه من الآيات وذكر الحكيم أقول قولى هذا واستغفرالله العظيم فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم

Khutbah Ke-II
الحمد لله الذى بعث فى الأميين رسولا منهم يتلوا عليهم آياتِهِ ويزكيهم ويعلمهم الكتاب والحمكة . أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده و رسوله . اللهم صل وسلم وبارك على محمد وعلى أله وأصحابه اجمعين. أما بعد .
 فأوصيكم عباد الله ونفسى بتقوى الله فقد فاز المتقون . فقد قال الله تعالى فى القرآن العظيم : اعوذ بالله من الشيطان الرجيم.  إن الله وملائكته يصلون على النبى يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما , اللهم صل وسلم على محمد وعلى آله وأصحابه كما صليت على إبراهيم وآل إبراهيم إنك حميد مجيد برحمتك يا أرحم الراحمين .
اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات. اللهم إنا نسألك حسن الخاتمة ونعوذبك من سوء الخاتمة. اللهم إنا نسألك الهدى والتقى والعفاف والغنى.       
اللهم إنا نسألك من خير ماسألك منه عبدك ونبيك محمد صلى الله عليه وسلم ونعوذ بك ممااستعاذك منه عبد ونبيك محمد صلى الله عليه وسلم. ربنا آتنا فى الدنيا حسنة وفى الآخرة حسنة وقنا عذاب النار. امين يامجيب السائلين.
عباد الله إن الله يأمر بالعدل والإحسان وايتاء ذى القربى وينهى عن الفخشاء والمنكروالبغي, يعظكم لعلكم تذكرون.  ولذكر الله أكبر أقيموا الصلاة

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar